Powered By Blogger

Sabtu, 12 Juni 2010

Assesmen Pendidikan

TEKHNIK PENILAIAN MENURUT BSNP
Proses memperoleh data proses dan hasil belajar, pendidik dapat menggunakan beberapa tehnik penilaian secara komplementer sesuai dengan kompetensi yang di nilai. Menurut pedoman BSNP, tehnik penilaian yang dapat digunakan secara komplementer ataupun sendiri-sendiri sesuai dengan kompetensi yang akan dinilai antara lain :
a. Tes Kinerja
Tes kinerja dalam hal ini adalah berbagai jenis tes yang dapat berbentuk tes keterampilan tertulis, tes identifikasi, tes simulasi, uji petik kerja dan sebagainya.
Melalui tes kinerja ini peserta didik mendemonstrasikan unjuk kerja sebagai perwujudan kompetensi yang telah dikuasinya.
b. Demonstrasi
Teknik demonstari dapat dilakukan dengan cara mengumpulkan data kuantitatif dan kualitatif sesuai kompetensi yang dinilai.
c. Observasi
Observasi terkait dengan kegiatan evaluasi proses dan hasil belajar, dapat dilakukan secara formal yaitu obsevasi dengan menggunakan instrumen yang sengaja dirancang untuk mengamati unjuk kerja dan kemajuan belajar peserta didik, maupunobservasi informal ya g dapat dilakukan oleh pendidik tanpa menggunakan instrumen.
d. Penugasan
Adalah bentuk evaluasi yang dapat dilakukan dengan model proyek yang berupa sejumlah kegiatan yang dirancang,dilakukan dan diselesaikan oleh peserta didik di luar kegiatan kelas dan harus dilaporkan baik secara tertulis maupun lisan. Penugasan ini dapat pula berbentuk tugas rumah yang harus diselesaika peserta didik.
e. Portofolio
Adalah kumpulan dokumen dan karya-karya peserta didik dalam karya tertentu yang diorganisasikan untu mengetahui minat, perkembangan belajar dan prestasi siswa.
f. Tes tertulis
Merupakan teknik penilaian yang paling banyak digunakan oleh pendidik,. Tes tertulis adalah tes yang bisa berupa tes dengan jawaban piliha atau isian, baik pilihan ganda, benar salah ataupun menjodohkan, serta tes yang jawabannya berupa isian ataupun uraian.
g. Tes lisan
Tes yang dilaksanakan melalui komunikasi langsung tatap muka antara peserta didik dengan satu atau berbagai penguji. Pertanyaan ataupun jawabannya disampaikan secara langsung atau sepontan. Tes jeis ini memerlukan daftar pertanyyan pedoman pensekoran.
h. Jurnal
Pada dasarya jurna merupakan cacatan siswa selama berlangsungnya proses pembelajaran, sehingga jurnal berisi deskripsi proses pembelajaran dengan kekuatan dan kelemahan siswa terkait dengan kinerja ataupun sikap.
i. Wawancara
Adalah cara untuk memperoleh informasi mendalam yang diberikan secara lisan dan spontan, tentang wawasan, pandangan atau aspek kepribadian peserta didik.
j. Inventori
Adalah skala psikologi yang digunakan untuk mengungkap sikap, minat dan persepsi peserta didik terhadap objek psikologis, ataupun fenomena yang terjadi, anatara lain berupa skala Likert dan sebagainya.
k. Panilaian diri
Merupakan tekhnik penilaian yang digunakan agar peserta didik mengemukakan kelebihan dan kekurangan diri dalam berbagai hal.
l. Penilaian antar Teman ( Penilaian sejawat )
Penilaian ini dilakukan dengan meminta siswa mengemukakan kelebihan dan kekurangan diri dalam berbagai hal. Penilaian ini dapat pula berupa sosiometri untuk mendapat informasi anak-anak yang favorit dan anak-anak yang terisolasi dalam kelompoknya.

Berbagai tekhnik penilaian tersebut dapat dilakukan secara kombinasi untuk bisa memperoleh informasi yang selengkap dan sedetail mungkin tentang proses kemajuan dan hasil belajar peserta didik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan untuk mengungkapkan pendapat anda...
terima kasih...^_^